Perencanaan Keuangan, langkah awal menuju sukses

Posted on Agustus 11, 2012

1


Salam Tet4p Semang4t,

Hai friend, salam jumpa. Ini adalah pertama kalinya saya mencoba menulis artikel di blog sederhana ini. Sebelumnya setelah mencoba mebuat blog dengan minim pengetahuan dan tanpa pengalaman bahkan dengan kondisi Gagap Teknologi :cool:  Baiklah untuk pertama ini bagi anda yang sudah bekerja akan tetapi masih sebagai pemula dan jauh dari kondisi ekonomi yang mapan, jangan berkecil hati. Bahwa kemapanan itu adalah suatu eskalasi dari cita-cita yang terencana dengan baik dengan dibarengi upaya pencapaian yang sangat kuat.

Saat ini banyak sekali pakar keuangan yang sudah dikenal masyarakat luas baik melaui informasi pemberitaan ataupun buku buku hasil karya cipanya yang dapat dimui di toko buku atau mungkin juga di dunia maya seperti blog. Banyak dari kita yang mencoba mempelajari dan bahkan mencoba meniru trik trik ataupun terapi yang sampaikan. Akan tetapi sejauh ini belum memberikan dapak sebagaimana yang diharapkan. Sebagain dari kita berputus asa dan sebagian lain mungkin berbalik mangacuhkan pesan yang telah mereka sampaikan. Anda tidaklah salah menyimpulkan apa yang anda dapatkan dan tentu saja berhak mengambil keputusan atau menentukan langkah selanjutnya sesuai dengan yang anda inginkan.  Setelah mencoba trik trik atau terapi yang bagi anda itu hanyalah suatu yang sulit dilakukan atau tidak memiliki batas jangka waktu kesuksesan yang jelas. Sebagai orang yang berpengalaman di bidang keuangan tentu apa yang disampaikan para pakar tersebut melalaui buku atau seminar-seminar yang dilakukan tentulah bukan hanya suatu yang berisi pepesan kosong belaka. Hanya saja tidak semua orang dan bahkan banyak diantara kita yang tidak dapat merealisasikan ide-ide dan trik trik yang disampaikan untuk mencapai kesuksesan. Hal ini diperparah lagi dengan ekspektasi yang tinggi dari pembacanya yang tidak sesuai dengan hasil yang diperolah dalam jangka waktu yang cukup lama.

Banyak juga yang menjanjikan bahwa dalam waktu tertentu misalnya setahun, dua tahun atau tiga tahun kondisi akan berubah tetapi kenyataanya tetap saja seperti apa adanya dan bahkan menjadi lebih buruk dari sebelumnya. Ini sering ditemui pada enterprenur pemula yang dijanjikan dalam motivasi yang diberikan sang pakar. Apa masalahnya?😦

Saya bukanlah pakar atau ahli keuangan yang dapat memberikan garansi atas keberhasilan keuangan pembaca sekalian akan tetapi saya hanya mencoba menyampaikan hal sistematis sederhana yang dapat dilakuakn sehingga dapat setiap saat mereview apakah anda sudah disiplin dalam mengelola keuangan yang ada, sehingga anda hidup dalam kondisi cukup konstan dan dapat mengantisipasi kondisi masa yang akan datang dan bahkan merencanakan hidup yang lebih layak.

Untuk lebih jelas apa yang dapat dilakaukn silahkan melihat tabel berikut:

Jika anda perhatiakan tabel diatas adalah perncanaan keuangan yang tertata dengan rapi dalam satu tahun. Dengan membuat perencanaan seperti itu anda dapat mengetahui dengan pasti kapan anda butuh uang dalam jumlah besar dan kapan hanya butuh untuk keperluan rutin, sehingga hal ini diharapkan akan dapat mengontrol pendapatan yang anda punyai untuk masa depan anda. Tentu dengan membuat perncanaan ini anda di tuntut untuk mematuhi jenis jenis pengeluaran yang ada, dan nilai uang yang ada. Jika anda telah membuat perencanaan ini tetapi tidak mematuhi perencanaan anda sendiri maka  tidak ada artinya anda membuat perencanaan ini dan anda juga tidak akan bisa merencanakan hidup anda lagi.

Setelah perncanaan ini dibuat maka akan kelihatan kondisi keuangan dalam satu tahun penuh pada tabel paling kanan. Buatlah perencanaan seperti ini untuk palaing tidak 5 tahun kedepan. Upayakan untuk meningkatkan penerimaan dan mengurangi pengeluaran yang tidak terencana. Jika anda disiplin pastilah anda akan melihat hasil keuangan yang positif yaitu saldo yang anda rencanakan akan tercapai bahkan lebih tinggi dari yang anda rencanakan tersebut. Periksalah saldo kauangan anda setiap bulan, dan bandingkan dengan perencanaan yang anda buat. Jika terjadi selisih dimana aktual lebih kecil berarti anda telah melakukan pengeluaran yang diluar batas yang anda rencanakan dan perlu dibuat adjustmen pengeluaran periode berjalan agar saldo anda menjadi sesuai. Satu satunya hal yang perlu anda lakukan adalah mematuhi pos pos pengeluaran yang anda rencankan.

Pos pengeluaran diatas hanyalah contoh belaka anda dapat mengembangkan sesuai dengan kondisi ril yang anda punyai misalnya mintenance Kendaraan (motor atau mobil), cicilan (KPR,KKB) akan tetapi upayakan item yang dibuat adalah untuk yang bersifat rutin. Sedang yang bukan rutin masukan saja kepada pengluaran “lai-lain”

Ok selamat mencoba.

Posted in: Keuangan