Persiapan Jadi Manager : Penguasaan Skema Akuntansi sebagai Syarat Dasar jadi Manager Akuntansi

Posted on September 5, 2012

0


Hallo sahabat semua,

Ternyata tidak gampang untuk bisa menulis dengan baik dan konsisten walaupun ingin bisa selalu menyajikan tulisan-tulisan dari pengalaman pribadi akan tetapi waktu tidak yang ada bisa kompromi :mrgreen:  Tapi disela sempitnya waktu yang ada, saya coba untuk menyampaikan satu artikel yang mungkin juga tidak popular tapi setidaknya me-refresh kembali bagi rekan rekan yang saat ini bekerja di divisi akuntansi sehingga dapat juga manata ulang kembali visi untuk kehidupan kedepannya.

Banyak diantara kita saat ini menjalani pekerjaan rutinitas, dan sangat sedikit yang menguasai pekerjaan tersebut dalam kondisi menyeluruh (Comprehensive) dalam divisinya. Hal ini mencerminkan bahwa kita masih sebagai bawahan atau bermental bawahan. Untuk bisa meningkat kulaitas hitup ke tingkat taraf kehidupan yang lebih baik kita dituntut untuk memiliki pengetahuan yang luas dalam bidang yang kita geluti ini, tak terkecuali dengan Akuntansi. Pada saat anda bekerja di bagian Account Payable (AP), Account Receivable (AR), Kasir atau Clerikal pada Documen Filing, banyak yang tidak sadar bahwa anda telah dibuatkan suatu kurungan dimana jika anda tidak berusaha keluar maka hidup anda sebatas tepi-tepi kurungan yang telah ditentukan tersebut, sampai saat anda mungkin di pindah kebagian lain (kurungan lainya). Demikianlah pola hidup yang sering kita berlangsung pada umumnya. Untuk membebaskan diri dari kurungan ini kita harus mengetahui apa apa yang ada di luar kurungan dan meningkatkan pengetahuan agar bisa membaca situasi dan mengetahui jumlah kurungan yang ada sehingga suatu saat anda yang di tunjuk menjadi pengelola dari kurungan-kurungan tersebut.

Untuk anda yang bekerja di akuntasi saya ingin memberikan Skema ringkas tentang ruang lingkup kerja Akuntasi (General Accounting ). Dari Skema ini anda diharapkan bisa memahami aspek aspek pengetahuan apa saja yang perlu anda tingkatkan untuk menguasainya skema ini.  Jika anda ditanya tentang pekerjaan Akuntansi dengan sendirinya anda akan tahu apa yang terdapat dibalik sekma yang ada ini. Skema ini tidak mengajarkan anda bagian perbagian namun upaya anda meningkatkan diri anda dengan mencari tahu dari lingkungan anda adalah upaya pembelajaran yang sangat baik. Saya tidak mungkin mengajari anda karena kemampuan belajar datang dari keingin tahuan yang tinggi dan upaya memhami dengan berbagai cara yang mungkin. Silahkan lihat skema akuntasi umum berikut, jika anda belum mengetahui masing-masing bagian serta aspek aspek yang terkait dengan kegiatan pada sekema maka mulailah mempelajarinya.

Jika anda sudah memiliki pengetahuan yang cukup luas dan mampunyai pengalaman dalam pelaksanaan dari poin-poin skema akuntasi ini berati anda telah memiliki modal pengetahuan yang cukup untuk memimpin suatu bagian Akuntasi. Namun masih akan perlu pengetahuan tambahan untuk akuntasni biaya dan perpajakan yang nanti akan saya lanjutkan di artikel berikutnya: Selamat Belajar mandiri, tigkatkan kualitas diri anda sebelum anda menyesali nasip yang tidak berubah.

Salam Tet4p Sem4ngat.

Posted in: Akuntansi