Accounting Manual-Finalisasi Syarat yang dibutuhkan dari seorang Accounting Manager

Posted on Desember 1, 2012

0


Setelah mempelajari “Skema Akuntasi Umum” dan “Skema Akuntansi Biaya” hal terpenting selanjutnya yang diharapakan dari seoarang Manager akuntasi adalah kemampuan menyusun “Manual Akuntasi” yaitu meliputi bidang bidang yang di menjadi responsibility divisi yang dibawahinya.  Hal ini biasanya mutlak diperlukan oleh perushaan maju guna menyaring kandidat calon yang kompeten di bidangnya, untuk menduduki salah satu jabatan strategis di perusahaan tersebut.

Apa itu Akunting Manual? Akunting Manual adalah suatu Guedance atau Petunjuk Dasar bagi setiap personil yang ada pada dvivisi Akuntasi.  Bedanya dengan SOP Akunting😕

Secara sederhana dapat dikatakan SOP adalah terjemahan yang lebih detail dari pokok pokok yang ada pada Akunting Manual. Jadi sebelum SOP dibuat semestinya dibuatkan terlebih dahulu Akunting Manual,  karena SOP tanpa Akunting Manual ibarat lembaran yang berdiri sendiri, sehingga sering menimbulkan kontradiksi dan pemahaman yang kurang tepat di tingkat low manajemen. Terkadang oleh seorang manager hal ini memang disengaja untuk membatasi pengetahuan anak buahnya (mungkn takut dilengserkan:mrgreen: ). Namun tidak sedikit perusahaan yang tidak mempunyai Akunting Manual karena ketertinggalan informasi akuntansi dibanding peruhaan yang sudah maju.

Untuk lebih jelasnya akunting Manual adalah sebuah buku yang berisikan kegiantan yang dilakukan dalam divisi akuntasi yang meliputi petunjuk, batasan pekerjaan, tanggung jawan dan wewenang, persyaratan penempatan karyawan,  Serta man power yang dibutuhkan. Untuk lebih jelasnya dapat anda lihat pada daftar isi dari akunting manual berikut:

Presentation2

Bagaimana anda bisa memahami jika masih telalu umum berikut daftar is yang cukup lengkap :

Presentation3

Nah selamat mencoba menyusun Akuntansi Manual di tempat anda semoga bermamfaat😎

Posted in: Akuntansi